Saat tulisan ini dibuat, ranking Alexa blog ini berada di posisi 666.888, unik ya? Baiklah, itu bukan angka yang hebat karena masih terlalu besar untuk masuk ke kategori hebat. Hehehe.

Alexa sudah menjadi salah satu komponen yang digunakan para webmaster dan blogger di dunia dalam hal benchmarking. Dengan benchmarking masing-masing website atau blog bisa saling diperbandingkan dengan menggunakan parameter yang valid sehingga menghasilkan analisa yang akuntabel.

Ah, sebelum terlalu melantur kali ini aku ingin sharing tentang hasil analisa Alexa tentang blog ini. Khususnya mengenai keyword yang menarik pengunjung mendatangi bloghery.info. Berikut ini screenshoot-nya :


Sumber : http://www.alexa.com/siteinfo/bloghery.info bagian Search Analytics


Dari hasil analisa diatas memberi gambaran daftar keyword yang mengundang pengunjung lewat search engine. Bloghery.info memang lebih mengandalkan search engine sebagai sumber trafik utama. Penjaringan pengunjung dari SERP (search engine result page) terbukti mendatangkan trafik yang signifikan.

Hasil analisa Alexa ini memiliki beberapa kesamaan dengan hasil yang ditunjukkan oleh Google Analytics. Posting tentang "cara menggati logo blog" memang menjadi salah satu primadona pengunjung mulai dari 2 tahun lalu. Setiap hari tidak kurang 50 pengunjung baru datang membaca postingan itu. Jadi, menurutku Alexa sudah memberikan analisa yang cukup akurat.

Ngomong-ngomong, selain hasil analisa diatas, Alexa juga membeberkan hasil analisa perbandingan pengunjung yang meliputi :
  1. Rentang usia
  2. Latar pendidikan
  3. Jenis kelamin
  4. Has Children
  5. dan Lokasi visitor saat berkunjung
Untuk hasil analisa ini aku belum memiliki data bagaimana Alexa mendapatkannya. Tapi karena dikeluarkan oleh Alexa, aku rasa cukup menarik untuk melengkapi hasil analisa.

Bagaimana blog anda?

0 komentar:

Post a Comment