Apakah anda orang yang aktif dan sering update posting blog ? ini tentu saja membuat artikel blog anda menjadi banyak, jadi anda harus membuat alternatif agar pengunjung lebih mudah untuk menemukan artikel pada blog yaitu dengan Membuat Search Engine Pada Blog. Search engine atau yang lebih dikenal dengan kotak pencarian ini sangat memberikan manfaat bagi pengunjung yang ingin mencari artikel dengan mudah. Cara kerja search engine ini mirip dengan mbah google, hanya saja pencariannya terbatas untuk blog kita.

Dengan adanya kotak pencarian (search engine) pengunjung tidak perlu susah payah membuka satu persatu halaman blog untuk menemukan artikel yang dicarinya, karena mereka tinggal memasukkan keyword (kata kunci) artikel yang diinginkan, maka muncul artikel yang berkaitan dengan keyword tersebut. Ada banyak jenis dan bentuk search engine yang bisa ditampilkan pada blog, salah satunya seperti dibawah ini :
Tertarik buat pasang search engine pada blog anda, caranya anda cukup copy kode dibawah ini :


<form id="searchform" action="http://bloganda.com/search" name="searchform" method="get"><br /><input id="s" onfocus="if (this.value == &#39;Kata Kunci&#39;) {this.value = &#39;&#39;;}" value="Kata Kunci" name="q" onblur="if (this.value == &#39;&#39;) {this.value = &#39;Kata Kunci&#39;;}" type="text" /> <input id="searchsubmit" value="Cari" type="submit" /> </form><br />

Keterangan :
  • Jangan lupa yang berwarna merah "bloganda" diganti dengan alamat blog anda.
  • Yang berwarna hijau "Kata Kunci" adalah kata yang akan tampil didalam search engine, dan bisa diganti menjadi kata yang anda inginkan.
  • Yang berwarna biru "Cari" bisa diganti dengan kata yang anda inginkan.
Kemudian pasang pada blog anda dengan cara login pada account blogger anda, pada halaman dasbor pilih Tata Letak ---> Tambah Gadget ---> Html/Javascript (masukkan kodenya disini) ---> Simpan.

Silahkan lihat hasilnya pada blog anda, apabila berhasil pengunjung bisa menggunakan search engine tersebut untuk mencari artikel yang diinginkannya.

0 komentar:

Post a Comment